Senin, 17 September 2012

Memory Card

memory SD
Memory card adalah media penyimpanan dalam dunia digital. Karena memori bisa didefinisikan juga sebagai media penyimpanan, maka Disket, CDROM, Hard Drice (harddisk), Flashdisk, SD Card dan lain-lain , semuanya secara prinsip dapat kita panggil sebagai memori. Tapi tentunya bentuk dan spesifikasi memori yang dibutuhkan dalam perangkat yang berbeda-beda tentu saja berbeda-beda juga.
Contoh memory SD yang biasanya dibutuhkan oleh perangkat mobile seperti handphone dan sejenisnya.

Pada tahun 2000, SanDisk, Panasonic dan Toshiba membentuk Asosiasi SD untuk mengembangkan kartu memori perangkat penyimpanan yang dapat digunakan di berbagai peranti elektronik. Kartu SD adalah hasil dari spesifikasi standar yang ditetapkan oleh Asosiasi SD. 

Saat ini ada 3 faktor bentuk yang berbeda untuk kartu SD :
SD Card ukuran standar
Kartu SD yang paling umum digunakan di hari ini kamera digital ukuran 24mm x 32mm dan 2.1mm. Kartu ini adalah yang paling banyak digunakan untuk kamera digital dari semua ukuran – mulai dari kamera kompak dan kamera DSLR.
MiniSD
Kartu miniSD ini 20mm x 21.5mm dan 1.4mm. Awalnya kartu miniSD sangat umum dalam ponsel, namun selama beberapa tahun terakhir atau lebih kita telah melihat kartu microSD yang lebih banyak digunakan di ponsel, kamera dan elektronik kompak lainnya.
MicroSD
Kartu microSD adalah 11mm x 15mm  kira-kira seukuran kuku anak kecil. Kartu microSD saat ini umum dijumpai di ponsel dan mulai banyak dijumpai pada kamera digital.

Spesifikasi SD, SDHC dan SDXC

Asosiasi SD mengembangkan spesifikasi untuk semua kartu SD dan perangkat. Untuk menggunakan jenis tertentu kartu SD di kamera, misalnya, produsen kamera harus mematuhi spesifikasi Asosiasi SD itu.Saat ini, terdapat 3 jenis kartu SD : SD, SDHC dan SDXC. 
Perbedaan utama dalam semua kartu ini adalah kapasitas penyimpanan mereka :
  • Standar SD card dapat dibuat dengan kapasitas maksimal hingga 2GB. 
  • SDHC card kapasitasnya mulai dari “lebih besar dari 2GB” hingga 32GB. 
  • SDXC card berkisar dari “lebih besar dari 32GB” hingga 2TB. Saat ini, batas 2TB adalah batas max teoritis saja. 
Class dari Micro SD
class dari Micro SD menandakan kecepatan dari Micro SD tersebut , dalam besaran MB/s
Class 0 tidak memiliki kemampuan yang spesifik
Class 2 memiliki kemampuan minimum 2 MB/s, kecepatan paling rendah untuk Micro SDHC
Class 4 memiliki kemampuan minimum 4 MB/s,
Class 6 memiliki kemampuan minimum 6 MB/s,
Class 10 memiliki kemampuan minimum 10 MB/s,

Micro SD dengan class yang tinggi (class 6) digunakan untuk merekam data secara terus menerus seperti pada Camcorder, penggunaan micro SD dengan kecepatan yang lebih rendah dapat menyebabkan file video putus-putus dan corrupted.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar