Rabu, 07 November 2012

Menggunakan WEKA API untuk melakukan kluster menggunakan KMeans

Para pembaca sekalian pasti sudah mengenal WEKA ya. WEKA adalah sebuah tools yang dibangun menggunakan Java dan bersifat open source. Sourcenya bisa langsung download di situs resminya di http://www.cs.waikato.ac.nz/ml/weka/index_downloading.html. Tinggal dipilih saja yang mana yang cocok dengan keperluan dan komputer kita. WEKA Gui yang sering digunakan adalah interface yang sederhana, menarik tetapi powerfull untuk melakukan pengolahan data. Namun demikian, masih ada hal-hal yang mungkin kita inginkan tapi tidak diakomodir oleh GUI nya tersebut. Nah, kita bisa memodifikasinya kok, sehingga menjadi sesuai dengan keinginan dan keperluan kita. 
Namun sebelum kita melakukan modifikasi di source nya, ada baiknya kita tahu perbandingan nya antara GUI dan membuat sendiri code nya (Java) memanfaatkan WEKA API.

Langkah untuk melakukan Kmeans pada weather.arff :

GUI yang disediakan WEKA

Ketika weather.arff sudah dimasukkan

Memilih SImpleKMeans

Tampilan SimpleKMeans sudah siap untuk mulai

Setingan tambahan jika diinginkan

Hasil Clusternya

Cluster yang terbentuk per instance nya

Menggunakan WEKA API :

WEKA API dan NetBeans

Hasilnya sama saja bukan.. perbedaanya, kita hanya menampilkan hasil clusternya via console saja atau jendela output saja, tidak berbasis window. Hal ini menjadikan hasil nya bisa keluar lebih cepat. 

nah, jika kita inginkan detil perhitungannya juga ikut keluar, bisa saja. Caranya dengan mengubah source codenya. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar